13 Istilah Umum Sound System Wajib Diketahui!




Sound system. Siapa sih dari kita yang masih asing dengan benda yang satu ini? Apakah di antara kalian ada yang pernah mencoba untuk mengoperasikan benda ini? Sound system sendiri merupakan suatu alat yang tidak asing untuk ditemui pada suatu acara, khususnya acara besar mengingat fungsi dari sound system sendiri untuk mengeraskan suara sehingga semua peserta acara dapat mendengar apa yang dibicarakan dengan baik. Menariknya, sound system sendiri bisa digunakan oleh semua orang asalkan kita mengetahui bagaimana cara kerja dari benda ini. Bukan hanya itu saja, kita juga sebaiknya memahami istilah umum sound system sehingga sound system dapat bekerja dengan maksimal.

Input dan Output

Memangnya apa saja sih istilah umum sound system yang harus kita ketahui? istilah umum sound system yang pertama adalah input (in) dan output (out), di mana kedua hal ini berfungsi sebagai jalam masuk dan keluarnya sinya auido dari suatu perangkat ke perangkat lainnya. Selain itu, ada frequency (freq.) yaitu getaran yang terjadi dalam jangka waktu tertentu dan menghasilkan gelombang suara tiap detiknya yang dikenal dengan Hertz (Hz.). Hal-hal ini perlu diatur dengan baik sehingga suara yang dihasilkan sound system bisa bagus dan pastinya tidak terjadi gangguan.

Noise

Noise adalah istilah umum sound system dan hal ini merupakan salah satu gangguan yang bisa terjadi pada sound system. Noise adalah suatu hal yang tidak dikehendaki dan akan menimbulkan berisik yang meliputi desis dan dengung halus. Feedback adalah cara untuk mengatasi permasalahan ini, yaitu dengan mengurangi level suara yang dihasilkan sound system dengan memindahkan jarak atau posisi peralatan tersebut.

Gain

Istilah umum sound system bukan saja hanya yang berhubungan dengan suara, namun juga berhubungan dengan chanel. Suatu istilah yang sangat berhubungan dengan chanel sound system adalah gain, atau yang biasa dikenal dengan input level ataupun trim dan berguna untuk memnentukan seberapa besar sensitive input yang diterima oleh konsol. Ketika sinyal yang diterima lemah, kita bisa menambahkan gain agar suara yang dihasilkan tetap berkualitas bagus.

EQ

Apakah hanya itu saja istilah umum sound system? Tentu saja tidak! EQ pada channel adalah hal yang tidak boleh kita lupakan karena fungsinya untuk mengatur tone alias memodifikasi suara menjadi lebih enak untuk didengar. EQ juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah sound system seperti dengung, overtune, feedback, dan lain-lain. PAD juga merupakan istilah umum sound system yang terkait dengan channel, yang berfungsi untuk mengurangi gain input dari 20 hingga 30Db. PAD sendiri berupa tombol yang apabila ditekan berarti kita mengurangi gain input pada sound system yang bekerja.

Coaxial

Istilah umum sound system bukan saja hanya yang terdapat di dalam sound system, namun juga bentuk outputnya dan salah satunya adalah coaxial. Istilah umum sound system yang satu ini merupakan kabel yang berfungsi untuk interkenoksi antara satu perangkat elektronik dengan perangkat lainnya dan bodinya diplindungi logam yang berperan sebagai ground. Coaxial juga berfungsi untuk mengirimkan data digital yang diterima sound system sewaktu-waktu.

Dolby Digital

Salah satu hal yang tidak boleh kita lupakan pada istilah umum sound system adalah Dolby Digital, di mana hal ini merupakan teknologi yang menghasilkan surround digital dan biasanya digunakan dalam pemrosesan dan pembentukan data audio pada film di bioskop ataupun pada kepingan CD. Sound system yang dibekali Dolby Digital dipercaya dapat menghasilkan suara prima namun setidaknya kita membutuhkan 5 speaker ful range dan 1 speaker low-frequency.

Surround

Surround merupakan istilah umum sound system lainnya yang berhubungan dengan suara yang dihasilkan oleh sound system. Surround adalah sebuah konsep yang memperluas wujud suara dari standar satu dimensi (mono/ stereo)menjadi bentuk dua atau tiga dimensi yang berarti suara yang dihasilkan oleh sound sytem akan semakin bagus bahkan lebih terasa nyata. 

Sealed Speaker

Istilah umum sound system terakhir yang harus kita ketahui yaitu sealed speaker, yaitu jenis speaker yang tertutup rapat aias tidak memiliki lubang port. Jenis speaker ini biasanya digunakan untuk menangani frekuensi rendah maupun menengah sehingga suara yang dihasikan tetap jernih dan bisa terdengar jelas oleh peserta acara. Nah pastinya sekarang sudah mengenal istilah umum sound system bukan? Pastinya sudah tidak akan bingung lagi ketika kita mengoperasikan sound system tanpa bantuan ahlinya!

Subscribe to receive free email updates: