Macam-Macam Peralatan Sound System

Macam dan fungsi setiap bagian soundsystem


Peralatan sound system merupakan seperangkat alat yang terdiri dari beberapa komponen atau alat yang saling terangkai dan mendukung satu sama lain sehingga mampu menghasilkan efek suara yang diinginkan
Jika ditilik dari segi bahasa yaitu sound dan system, sudah dapat dipastikan bahwa kedua kata ini menggambarkan tentang sebuah sistem peralatan suara yang saling terhubung dan tak bisa terpisahkan satu sama lain. Peralatan sound system berarti sebuah rangkaian alat yang terdiri dari beberapa alat untuk menghasilkan suara. Jika alat-alat tersebut dipisahkan, hanya akan menjadi bagian dari peralatan sound, bukan sound system itu sendiri. Nah, apa saja sih alat-alat yang masuk ke dalam peralatan sound system ini? Simak ulasan di bawah ini.

Bagian-bagian peralatan sound system

Berikut ini sebagai pembuka, akan kita ulas bersama bagian peralatan sound system yang terdiri dari :

1. Sumber bunyi

Sebagai media penghasil bunyi, tentu saja peralatan sound system memiliki komponen sumber bunyi bukan? Sumber bunyi bisa berasal dari mana saja seperti microphone, keyboard, gitar, hingga alat musik lainnya.


2. Bagian pengolah bunyi

Jika ada bagian sumber bunyi, tentunya ada pula bagian yang bertugas mengolah bunyi sebelum bunyi itu dihasilkan keluar. Bagian peralatan sound system satu ini biasanya terdiri dari equalizer, mixer audio, hingga pengatur audio.


3. Bagian crossover audio distributor

Bagian ketiga peralatan sound system ini bertugas mendistribusikan sinyal audio yang akan masuk ke blok power amplifier


4. Bagian power amplifier

Peralatan sound system satu ini tentu saja tidak asing lagi bagi Anda. Ya, amplifier ini digunakan khusus untuk memperkuat suara yang dihasilkan.


5. Bagian output transducer 

Bagian kelima ini sering juga kita kenal dengan nama loudspeaker yang terdiri dari beberapa range respon bunyi.

Macam-Macam Peralatan Sound System

Berikut ini macam-macam peralatan sound system yang Anda perlukan untuk menghasilkan suara yang baik dan berkualitas. Macam-macam peralatan sound system ini merupakan perangkat standar yang umum digunakan.


1. Power amplifier

Peralatan sound system satu ini sudah kita ulas kegunaannya di atas yaitu sebagai penguat suara. Power amplifier sendiri terdiri dari beberapa komponen seperti :

  • Pre amplifier
  • Komponen driver atau buffer
  • Komponen final atau penguatan tingkat akhir
  • Komponen penyuplai daya listrik. Di mana semakin besar daya output power ampli maka semakin besar catu daya yang diperlukan.



2. Loudspeaker (Speaker sound system)

Speaker ini umumnya menyatu dengan amplifier pada sistem speaker aktif namun pada speaker jenis pasif, alat ini terpisah dan memiliki blok sendiri. Loudspeaker memiliki dua way nada yaitu low dan high. Sementara nada mid sendiri tercipta pada kombinasi antara kedua nada sebelumnya.


3. Peralatan pendukung

External device atau peralatan sound system yang merupakan peralatan pendukung di sini meliputi komponen penghasil bunyi yang sudah kita sebutkan di atas seperti microphone atau alat musik lainnya mulai dari keyboard, gitar, dan lain-lain.


4. Kabel konektor

Dilihat dari namanya saja kita pasti sudah paham jika kabel ini berfungsi untuk mengkoneksi atau menghubungkan peralatan sound system satu dengan lainnya. Tanpa kabel ini tentu sound system tak akan bisa menghasilkan suara. Kabel-kabel ini berperang menghubungkan mulai dari alur masuk (in) juga menghantarakan suara yang dihasilkan (out). Di mana jarak antara kabel-kabel ini ternyata mempengaruhi suara yang dihasilkan oleh speaker.

Demikian tadi ulasan singkat mengenai macam-macam peralatan sound system yang bisa Anda temui di pasaran di mana semua peralatan ini saling terhubung satu sama lain dan bekerja sama untuk menghasilkan suara yang diinginkan. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: