Mengenal impedansi speaker

Ohm speaker


Salah satu istilah yang akrab dari pengeras suara atau speaker adalah impedansi. Seringnya istilah itu muncul membuat benak banyak bertanya apakah maksud dari impedansi tersebut. Berikut adalah uraian untuk mengenal impedansi speaker dengan baik. Impedansi adalah ukuran resistansi yang ada pada sumber arus bolak balik. Meskipun impedansi  tersebut tidak menganggu kualitas secara keseluruhan namun tetap berpengaruh terhadap kerja dari sistem suatu audio.
Dalam dunia elektro, impedansi berkaitan erat dengan sejauh mana rangkain menghambat arus listrik. Pada arus searah DC, empedansi dapat disamakan dengan resistensi atau hambatan. Namun pada arus bolak balik, tedapat du faktor lain yang berperan yaitu kapasitansi dan induktansi. Keduanya di sebut dengan reaktansi. Untuk mengenal impedansi speaker lebih lanjut simak informasi dibawah ini.

Jenis Impedensi Speaker

Impedansi ini berbeda-beda pada speaker satu dengan yang lain contohnya speaker yang di gunakan untuk mobil biasanya memiliki impedansi pada kisaran 4 ohm. Sedangkan untuk speaker yang diaplikasikan di rumah biasanya memiliki impedansi sekitar 8 ohm. Satuan impedansi menggunakan satuan yang sama dengan resistansi, meskipun maksud dari keduanya tidaklah sama. Untuk mengenal impedansi speaker, perlu dibedakan antara resistansi dan juga impedansi itu sendiri
Perbedaan antara impedansi dengan resistansi terletak pada perhitungan total yang terdapat dalam rangkaian elektrikal pada signal langsung. Impedansi menghitung seluruh hambatan dalam rangkaian termasuk resistansi, reaktansi dan lain sebagainya yang termasuk dalam hambatan   sistem. Impedansi menggunakan simbol  Z sedangan hambatan menggunakan simbol R. untuk satuannya sama-sama menggunakan omh.
Bahasan untuk mengenal impedansi speaker selanjutnya, Besarnya impedansi berpengaruh terhadap arus yang dikeluarkan rangkaian. Semakin besar impedansi dalam suatu rangkaian maka arus yang melalui rangkaian semakin kecil. Sedangkan arus rangkain yang mengalir berpengaruh erat terhadap daya maksimal yang dikeluarkan dalam suatu rangkaian. Dimana daya ini berhubungan dengan volume yang dikeluarkan. 
Dengan kata lain semakin besar impedansi yang ada dalam rangkain berpengaruh terhadap besarnya volume yang dihasilkan. Semakin besar impedansi maka volume yang dihasilnya semakin kecil, sebailknya jika impedansi semakin kecil daya yang dihasilkan atau volume yang dihasilkan semakin besar. mengenal impedansi speaker  lebih dalam dan cara mengukurnya bisa menggunakan beberapa alat. 

Cara Mengukur Impedensi Speaker

Cara mengukur impedansi bisa menggunakan alat multimeter. Akan sedikit sulit untuk menghitung secara manual karena impedansi adalah nilai dari resistansi gabungan. Ketika impedansi tidak bisa dihitung menggunakan multimeter, bisa menggunakan LCR meter yang di telah di setel ke 1 khz atau alat ukur portabel yang memang khusus untuk mengukur impedansi.
Sebenarnya mengukur impedansi itu bisa dilakukan dengan melibatkan sine generator, fuction generator, CD rekaman gelombang sinus sebesar ikhz dan audio generator. Namun perhitungan paling mudah memang menggunakan alat khusus impedansi tidak ribet, karena nilai impedansi sudah terlihat secara langsung di tampilkan oleh alat dengan mudah dan cepat. Demikian penjelasan tentang beberpa hal untuk mengenal impedansi speaker  lebih dalam, semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates: