Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan dalam Penggunaan Sound System Secara Teknis


Ketika sedang menggelar sebuah acara, sound system adalah satu perangkat yang wajib ada. Selain berfungsi untuk memperkesa suara musik, sound system juga memiliki fungsi utama untuk meningkatkan kualitas suara yang dihasilkan. 

Namun untuk menciptakan suara yang sempurna dari sound system Anda harus paham bagaimana instalasi dan bagian-bagian sound system. Nah berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pahami dalam penggunaan sound system secara terknis.

Instalasi sound system

Beberapa isntalasi yang harus Anda ketahui sebelum melakukan pengaturan pada penggunaan sound system secara terknis antara lain adalah :
  • Permanent
  • Semipermanent
  • Portable

Ketiga instalasi tersebut bisa Anda pilih berdasarkan kebutuhan sound system yang digunakan. Seperti sound system yang hendak digunakan untuk sebauh acara di ruangan terbuka atau lapangan, maka yang harus dipilih adalah jenis portable.

Bagian-bagian Sound System

Jika memilih jenis insalasi harus disesuaikan dengan acara, namun pemilihan jenis instalasi juga akan berpengarh pada perangkat elektronik yang digunakan, khususnya pada sector jumlah perangkat. Dimana pada sound system terdapat beberapa unit bagian, seperti.
  • Unit input, yaitu unit yang berfungsi untuk sumber input sinyal yang kemudian diproses dalam sound system. Beberapa perangkat unit input antara lain Mp3, DVD/VCD, maupun perangkat digital lain (Laptop, HP, Flashdisk dll).
  • Unit Proses, yaituunit yang berfungsi mengubah karakter sinyal ataupun meningkatkan kualitas sinyal audio dari bagian unit input. penggunaan sound system secara terknis pada bagian unit proses ini juga berfungsi untuk memperkuat arus listrik dari sinyak input. BEberapa peragkat yang sering digunakan pada unit proses adalah Mixer, Reverb, Equalizer, Crossover, LSM dll.
  • Unit penguat, yaitu berfungsi untuk memperkuat daya sinyal input yang masuk supaya dapat dirubah menjadi suara dari speaker. Beberapa perangkat yang sering digunakan pada unit penguat antara lain adalah amplifier, dimana perangkat ini akan disesuaikan dengan jenis karakter serta daya yang diinginkan.
  • Unit Outpur, yaitu uit yang berfungsi merubah sinyal audio mejadi sinyal suara sehingga dapat didengar. penggunaan sound system secara terknis yaitu mengubah sinyal listri menjadi suara melalui membrame speaker yang bergetar akibat coil speaker yang dialiri arus listrik. Beberapa perangkat yang umum digunakan adalah speaker dengan jenis dan spek sesuai keingian/kebutuhan.

Jadi dapat disimpulkan penggunaan sound system secara terknis bisa menghasilkan suara maksimal dengan perangkat-perangkat yang lengkap dan sesuai kebutuhan serta proses instalasi yang tepat.

Subscribe to receive free email updates: