Rating Amplifier Dalam Sound System Perlu Kita Ketahui!

Sound system. Apa sih yang ada di pikiran kalian mengenai benda yang satu ini? Sound system adalah salah satu benda yang penting dan kita butuhkan untuk acara tertentu untuk memperbesar volume sumber suara. Menggunakan sound system memudahkan kita untuk berbicara kepada khalayak ramai sehingga semua peserta yang hadir dapat mendengar dengan jelas dan bisa menangkap maksud dari pembicaraan yang disampaikan. Namun apakah kalian pernah mendengar tentang rating amplifier dalam sound system?

RAS

Rating amplifier dalam sound system sendiri lebih dikenal dengan RAS dan merupakan komponen dalam sound system yang penting. Kekuatan yang ada pada rating amplifier dalam sound system merupakan hasil kerja daya listrik yang berfungsi untuk menguatkan sinyal suara yang ditransfer ke loudspeaker, alias semakin memperjelas suara yang dihasilkan oleh sound system. Kekuatan rating amplifier dalam sound system sendiri berbeda-beda alias tergantung pada jenis sound system yang kita gunakan. Lalu bagaimana cara kita mengetahui semakin bagus tidaknya kualitas rating amplifier dalam sound system?
Jawabannya tentu saja kita bisa melihat hal ini dari spesifikasi yang tertera pada kardus atau tempat dari sound system yang kita beli. Rating amplifier dalam sound system yang bagus adalah ketika distorsi yang terjadi pada sound system tidak melebihi dari 1 persen. Perlu kita ingat juga jika semakin besar daya rating amplifier dalam sound system  maka semakin bagus pula suara yang dihasilkan. Rating amplifier dalam sound system pun terbagi menjadi empat kelas dan kita bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan kita. Memangnya apa saja kelas dari rating amplifier dalam sound system?
Kelas pertama dari rating amplifier dalam sound system adalah amplifier kelas A, yaitu amplifier yang memiliki output suara dan kapasitas energi yang besar untuk menghasilkan suara yang bagus. Hal ini cukup berbeda dengan amplifier kelas B di mana kapasitas energi yang dibutuhkan lebih sedikit namun suara yang dihasilkan juga tidak sebagus amplifier kelas A. Kelas amplifier berikutnya adalah amplifier kelas A/B yaitu suara yang dihasilkan sound system lebih baik daripada amplifier kelas A dan B serta jumlah energi yang digunakan tergantung pada tinggi rendahnya suara yang kita inginkan.

Kelas Amplifier

Kelas amplifier sound system yang terakhir adalah amplifier kelas D. Rating amplifier dalam sound system yang satu ini cenderung menghasilkan suara yang cenderung rendah daripada kelas amplifier lainnya sehingga bisa dibilang kualitas dari kelas ampifier yang satu ini kurang bagus untuk digunakan dalam acara tertentu. Nah bagaimana? Pastinya sudah jelas kan mengenai apa itu rating amplifier dalam sound system dan beberapa kelasnya? Pastinya sekarang kita bisa mendapatkan amplifier dalam sound system yang sesuai dengan kebutuhan serta budget yang dimiliki. 

Subscribe to receive free email updates: